Kamis, 14 Oktober 2010

Perbaiki Jakarta, Sekarang Juga !

Setiap berangkat menuju kantor tempat saya bekerja, yang bertempat di daerah Kalibata, Jakarta selatan, kurang lebih dalam sekali perjalanan saya menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer. dengan rentang waktu kurang lebih antara 1 - 1,5 jam.

rutinitas ini saya kerjakan setiap hari senin sampai jum'at. berangkat dari rumah di daerah sawangan, depok sekitar jam 05.45 dan sampai jakarta sekitar pukul 07.00. perjalanan panjang yang cukup melelahkan.

Rute yang biasa saya lewati adalah jalan raya sawangan - jalan raya pancoran mas - masuk ke area villa mutiara cinere - tanah baru - jalan moh. kahfi II - lenteng agung - tanjung barat - pasar minggu - kalibata.

rute-rute yang hampir dilewati setiap pengemudi sepeda motor.

Perjalanan yang sangat melelahkan ini ditambah lagi dengan kemacetan di sepanjang jalan lenteng agung hingga pasar minggu. kemcetan yang sudah mengakar dan tidak dapat diprediksikan lagi, karena sudah keniscayaan.

mungkin banyak sebab mengapa jalan di daerah tersebut sangat begitu macet.
1. ruas jalan yang sempit
ruas jalan area yang mengalami kemacetan merupakan jalan dua arah yang tidak terlalu lebar. sehingga pengemudi - mobil dan motor - harus benar-benar ekstra hati-hati untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.
2. tidak adanya jalur alternatif menuju daerah tersebut
tidak adanya jalan alternatif yang dapat digunakan pengemudi untuk menuju daerah ibukota, khususnya daerah pasar minggu dan sekitarnya.
3. jumlah angkutan umum dan mobil yang sudah diatas batas
4. tidak adanya jembatan penyeberangan bagi pejalan kaki

minimal empat hal diatas yang menyebabkan kemacetan disepanjang jalan di ibukota semakin parah. entah kapan ini akan berakhir. yang jelas, pemerintah kota DKI Jaya harus segera berbenah SEKARANG JUGA !!!

Tidak ada komentar: